Kamis, 31 Januari 2013

Makalah Kebutuhan Manusia dalam Bidang Ekonomi



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dengan adanya makalah ini kita semua bisa mengetahui bagaimana cara memenuhi kebutuhan sehari-hari dan diharapkan adanya suatu kerjasama antara orang yang satu dengan orang yang lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan dilengkapi dengan menggunakan barang dan jasa yang memang benar-benar berguna bagi kehidupan sehari-harinya agar tidak kekurangan.

B. Rumusan Masalah
1.  Bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-hari agar cepat terpenuhi? Jelaskan dan beri contoh!
2.  Apa yang akan terjadi apabila kita tidak memenuhi kebutuhan tersebut dan tidak diadakan suatu kerjasama?

C. Tujuan
Agar kita bisa mengetahui apa yang dimaksud dengan kebutuhan dan cara-caranya nantinya kita bisa tahu dan tidak salah dalam memenuhi kebutuhannya. Tujuan makalah ini ialah untuk meningkatkan prestasi siswa dengan memberi arahan apa saja yang tercantum dalam makalah ini.



 
BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam kehidupan, yang dapat terpenuhi dengan cara memiliki atau menggunakan barang dan jasa. Jika suatu kebutuhan sudah terpenuhi, maka ia sudah bukan menjadi kebutuhan lagi. Misalnya ketika seseorang merasa haus maka membutuhkan minuman atau air.

B. Penggolongan Kebutuhan
Tolak ukur kebutuhan bersifat nyata, yaitu disertai kemampuan untuk benar-benar membeli barang atau jasa yang dibutuhkan.

1. Kebutuhan Menurut Intensitasnya.
a. Kebutuhan Primer
Kebutuhan primer atau kebutuhan pokok merupakan kebutuhan bagi manusia untuk dapat menjaga kelangsungan hidupnya dengan baik. Jika kebutuhan ini tidak segera terpenuhi pemuasannya kelangsungan hidup kita dapat terancam.
Yang termasuk kebutuhan primer  adalah makanan, pakaian, rumah, dan kini diperluas lagi dengan kebutuhan akan kesehatan dan pendidikan.
b. Kebutuhan Sekunder
Kata sekunder berasal dari bahasa latin secundus yang berarti “kedua”. Jadi kebutuhan sekunder dapat diartikan sebagai kebutuhan kedua atau kebutuhan pelengkap. Kebutuhan sekunder timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Bagi seorang pengusaha, bermain golf dengan relasi sudah termasuk kebutuhan sekunder. Begitu pula dengan karyawaannya.
c. Kebutuhan Tersier
Kata tersier berasal dan bahasa latin tertius yang artinya “ketiga”. Jadi, tingkat pemenuhannya adalah setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Setelah kedua jenis kebutuhan tersebut dapat terpenuhi lahirlah kebutuhan mewah. Kebutuhan ini sering disebut tersier kebutuhn yang paling tinggi tingkatannya. Contoh: perhiasan, mobil, vila, dan liburan ke luar negeri.

2. Kebutuhan Menurut Sifatnya
a. Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani harus dipenuhi agar jasmani kita dapat berfungsi dengan baik. Seperti makan, mandi, menggosok gigi dan berolahraga merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan jasmani.
b. Kebutuhan Rohani
Adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi agar rohani atau mental bisa berfungsi dengan baik. Jika kebutuhan rohani bisa terpenuhi dapat menimbulkan rasa tenang, tenteram, dan kepuasan jiwa. Contoh kebutuhan ini adalah pendidikan, beribadah, menonton film, mendengarkan music dan rekreasi.

3. Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya.
a. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang sangat penting dan harus dipenuhi sekarang juga. Obat merupakan contoh alat pemuas kebutuhan sekarang. Dan, jika pemenuhannya tertunda dapat rnenyebabkan kerugian atau musibah.
b. Kebutuhan Masa Depan
Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang pemuasannya diharapkan terpenuhi di masadepan. Dengan perencanan inilah biasanva kebutuhan masa depan baru bisa terwujud.
Misalnya, kalian ingin berlibur ke Bali, Untuk meenuhi keinginan tersebut kalian perlu rnenabung. Pada waktu liburan nanti dan saat uang tabungan kalian sudah cukup baru kalian dapat mewujudkan keinginan kalian.
c. Kebutuhan Sepanjang Waktu
Kebutuhan ini misalnya menuntut ilmu atau pendidikan. Orang dapat belajar kapan saja tanpa dibatasi oleh umur karena ilmu diperlukan sepanjang hidupnya dan dirasakan sepanjang hayat.

4. Kebutuhan Menurut Subjek
a. Kebutuhan Pribadi atau Kebutuhan Individu
Kebutuhan individu merupakan merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh tiap-tiap orang. Misalnya, kalian membutuhkan alat sekolah, sedangkan adik kalian membutuhkan baju. Atau mungkin kebutuhan petani akan berbeda dengan kebutuhan seorang nelayan, dan kebutuhan pedagang berbeda dengan kebutuhan pelajar.
b. Kebutuhan Sosial atau Kebutuhan Kolektif
Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang diperlukan oleh sekelompok orang_secara bersamaan karena berkaitan dengan kehidupan bersama. Misalnya, jalan, jembatan, listrik, angkutan umum, keamanan dan kebersihan umum. Kebutuhan kolektif ini biasanya diusahakan oleh pemerintah atau masyarakat.
Kebutuhan nonfisik, misalnya kebutuhan akan ketertiban. keadilan, dan rasa aman. Kebutuhan-kebutuhan tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah.

C. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan

1.        Kondisi Fisik
Kondisi fisik setiap orang berbeda-beda. Ada yang berjenis kelamin wanita dan pria, ada yang gemukdan kurus, ada yang tinggi dan pendek. Misalnya, wanita lebih banyak membelanjakan uang untuk kosmetik, sedangkan pria untuk olahraga. Selain cirri fisik perbedaan usia juga juga menyebabkan perbedaan kebutuhan. Kebutuhan anak balita berbeda dengan kebutuhan remaja, orang dewasa, orang tua dan seterusnya.
2.      Kondisi Ekonomi Seseorang
Kondisi ekonomi adalah tingkat pendapatan atau_penghasilan. Bagi orang yang berpendapatan tinggi, kebutuhan yang harus dipenuhi bukan hanya makanan, pakaian, atau rumah saja akan tetapi juga kebutuhan akan barang mewah, rekreasi, dan pergaulan. Sedangkan yang kondisi ekonominya Iemah maka kebutuhan utamanya adalah mempertahankan kelangsungan hidup sehari-hari.
3.    Tingkat Pendidikan
Kebutuhan manusia pun berbeda-beda sesuai tingkat pendidikannya. Kebutuhan pelajar SMP berbeda dengan kebutuhan pelajar SMK atau mahasiswa.
4.    Agama, Lingkungan, dan Kebudayaan (Kebiasaan)
Perbedaan agama, lingkungan, dan kebudayaan dapat mempengaruhi  kebutuhan suatu individu atau masyarakat. Misalnya, umat Islam membutuhkan kambing pada hari raya kurban, umat Kristen membutuhkan lampu hiasan pohon cemara pada hari Natal dan sebagainya.




BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Kebutuhan manusia harus dipenuhi dalam kehidupan agar kita tidak kekurangan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Diharapkan adanya suatu kerja sama antara orang yang satu dengan orang yang lain untuk memenuhi adanya suatu kebutuhan tersebut.
Seperti yang tertera dalam buku bahwa kebutuhan manusia adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam kehidupan. Yang dapat terpenuhi dengan cara memiliki atau menggunakan barang dan jasa. Tapi kebutuhan itu berbeda seperti kebutuhan orang dewasa dengan anak-anak sangatlah berbeda.

B. Kritik dan Saran
Jika kebutuhan kita mau terpenuhi maka diharuskan adanya suatu kerjasama antara orang yang satu dengan yang lain atau dengan cara memiliki atau menggunakan barang dan jasa agar kebutuhan kita dapat terpenuhi.

2 komentar:

  1. Makasih bu berkat ibu saya bisa mengerjakan makalah ips , i lop yuuu ❤️

    BalasHapus

Silahkan berkomentar asalkan dengan bahasa yang sopan..ok??