Senin, 28 Januari 2013

Makalah Al-Qur'an



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Al-Quran adalah kalamullah yang dibentuk mushaf menjadi sebuah kitab, dan Al-Quran menjadi tonggak utama untuk dijadikan landasan dalam setiap permasalahan, lebih spesifiknya lagi Al-Quran adalah wahyu yang diturnkan dari langit oleh Allah kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril AS sejarah penurunannya selama 23 tahun secara berangsur angsur telah member kesan yang sangat besar dalam kehidupan seluruh manusia, didalamnya terkandung berbagai ilmu,hikmah dan pengajaran yang tersurat maupun tersirat.
Sebagai ummat Islam kita haruslah berpegang kepada Al-Quran dengan membaca, memahami dan mengamalkan. Serta menyebarluaskan ajarannya. Bagi mereka yang mencintai dan mendalaminya sebagai panduan dalam meniti kehidupan dunia menuju akhirat yang kekal abadi
.
B.     Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini agar kita semua lebih memahami dan mendalami, lalu menjadikan pertama kehidupan dan dengan penjelasan yang sangat terperinci Al-Quran dijadikan landasan pertama dalam setiap permasalahan dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

C.    Masalah
a.       Bagaimana proses turunnya Al-Quran ke dunia?
b.      Bagaimana perbedaan pendapat 3 mazhab tersebut?
                                                                                                      




BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Turunnya Al-Quran
Turunnya Al-Quran adalah peristiwa besar yang sekaligus merupakan pernyataan kedudukan Al-Quran itu sendiri bagi langit dan penghuni bumi yang mana penyampaian wahyu dengan sementara malaikat Jibril AS kepada Nabi akhir zaman berdasarkan peristiwa-peristiwa dan kejadian kejadian.
a.       Proses Turunnya Al-Quran
Turunnya Al-Quran yang pertama kalip ada malam Lailatul Qodar merupakan pemberitahuan kepada alam tingkat tinggi (samawi) yang dihuni oleh para malaikat tentang kemuliaan ummat Nabi Muhammad, sedangkan turunnya Al-quran yang kedua kali secara bertahap berbeda dengan kitab-kitab yang turun sebelumnya.
b.      Turunnya Al-Quran Sekaligus
Allah berfirman dalam Al-Quran “Bulan Romadhan: bulan yang didalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang bathil”. (QS.Al-Baqorah:185) Ayat diatas menyatakan bahwa Al-Quran turun pada  bulan Ramadhan yang didalamnya terdapat malam yang penuh berkah, dan malam yang mulya seribu bulan, yakni Lailatul Qodar, tapi secara dhohir ayat tersebut bertentangan dengan kejadian nyata. Dalam kehidupan Rasulullah, yang mana Al-Quran turun kepada beliau selama 23 tahun dalam hal ini  para ulama’ mempunyai 3 mazhab yaitu:
Pertama: pendapat Ibnu Abbas dan sejumlahulama’ serta yang dijadikan pegangan oleh umumny ulama’ bahwa turunnya Al-Quran sekaligus ke Baitul Izzah di langit dunia pada malam Lailatul Qodar kemudian setelah itu Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW selama 23 tahun. Sesuai dengan peristiwa dan kejadian kejadian sejak beliau diutus sampai wafat.
“Al-Quran itu dipisahkan dari Ad-Dzikir lalu diletakkan di Baitul Izzah di langit dunia. Maka Jibril mulai menurunkannya kepada Nabi Muhammad SAW.
Kedua: Oleh Asy-Sya’bu bahwa permulaan turunnya Al-Quran dimulai pada malam Lailatul Qodar di bulan Ramadhan, kemudian diturunkan secara bertahap sesuai kejadian dan peristiwa- peristiwa selama kurang lebih 23 tahun.
Ketriga:Berpendapat bahwa Al-Quran diturunkan kelangit dunia selama 23 tahun malam lailatul qodar yang pada setiap malamnya selama malam-malam lailatul qodar itu ditentukan Allah untuk ditentukan setiap tahunnya dan jumlah wahyu yang diturunkan ke langit dunia di malam lailatul qodar kemudian diturunkan secara berangsur angsur pada Rasulullah sepanjang tahun.

B.     Turunnya Al-Quran Secara Berangsur-angsur

Dan Al-Quran benar-benar di turunkan oleh Tuhan semesta alam di bawa turun oleh Ar-Rauhul Amin (Jibril) kedalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi seorang diantara orang-orang yang memberi peringatan dengan bahasa Arab yang jelas”.

“Dan Al-Quran itu telah kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya secara perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian” (QS. Al-Isro’: 106)

            Al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur berupa beberapa ayat dan sebuah surat atau berupa surat yang pendek secara lengkap dan penyampaian Al-Quran secara keseluruhan memakan waktu kurang lebih 23 tahun yakni 13 tahun waktu Nabi di Mekkah sebelum hijrah dan 10 tahun waktu nabi sudah hijrah ke Madinah.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
            Dari beberapa pembahasan diatas penulis menyimpulkan bahwa pengertian dan proses turunnya Al-Quran yang meliputi pendapat tiga mazhab yang semuanya berbeda. Tetapi pada hakikatnya setelah penulis memahami dan mencoba menyimpulkan bahwa proses dan pengertian turunnya Al-Quran sebuah fenomena atau peristiwa besar yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.
            Begitupun proses turunnya Al-Quran yang pertama kali pada malam Lailatul Qodar,merupakan pemberitahuan kepada alam tingkat tinggi (Samawi) yang dihuni oleh para Malaikat tentang kemuliaan  ummat Nabi Muhammad SAW.
            Dengan demikian kesimpulan dari pembahasan ini telah dikokohkan oleh tiga madzhab yang diantaranya:
·         Ibnu Abbas RA
·         Asy Sya’bu
·         Dan madzhab ke tiga




   


DAFTAR PUSTAKA


ü  Zuhdi, Pengantar Ulumul Qur’an Karya Abditama, 1997
ü  Montcjomery, 1995. Pengantar Study Al Qur’an. PT Raja Grapindo Persada
ü  Marzuki Wahid, 2005. Studi Al Qur’an Kontemporer. Pustaka Setia Bandung
ü  Abdullah Taufik. 1985. ISLAMIC STUDY


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar asalkan dengan bahasa yang sopan..ok??