BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi
spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling
banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal
menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam
bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk
Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari
excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsentrasikan
agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih
mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting
adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian,
Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya
kita betul-betul dimanja oleh software Microsoft ini.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1. Apa
definisi dan fungsi Microsoft Excel?
1.2.2. Bagaimana
cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar?
1.2.3. Bagaimana
cara mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang pendidikan?
1.3 Tujuan
1.3.1 Memahami cara
memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak Microsoft Office Excel.
1.3.2 Mengoperasikan
fungsi menu-menu lembar sebar
1.3.3 Mengoperasikan
menu-menu editing lembar sebar
1.3.4 Menggunakan
rumus dan fungsi pada lembar sebar
1.3.5 Mengoperasikan
perintah cetak pada lembar sebar
1.3.6 Mampu
menggunakan / mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalam kehidupan
sehari-hari.
1.4 Manfaat
1.4.1 Menambah
pengetahuan tentang Microsoft Excel 2007
1.4.2 Melatih
siswa-siswi untuk membuat Makalah
1.4.3 Menambah topik guru yang diajarkan dengan adanya
Makalah dari siswa-siswi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi dan Sejarah Microsoft Excel
·
Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah
program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh
Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan
menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft
Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam
komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program
spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC
berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0
diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft
Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang
diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data
secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi,
pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat
membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai
yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks.
Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang
meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan
ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya
sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan
Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan
laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan,
manajemen data dengan menampilkan grafik data pivot tabel atau
penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro
yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
·
Sejarah Singkat Microsoft
Excel
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah
program spreadsheet yang disebut denganMultiplan, yang sangat populer
dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam
sistem MS-DOSmengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus
1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program
spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti
yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it
better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada
tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0)
pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program
spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis
MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa
pasar programspreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu
perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang
andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat
bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft,
dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua
tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office
Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya
adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan
perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah
menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya,
Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus
mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua
rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan
Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka,
sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft
juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program
tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program
tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya
penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat
oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan
mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah
*.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran
file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika
dibandingkan dengan programspreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya
masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal
pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta
mengandungdata atau formula dengan berisi referensi absolut atau
referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang
mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan
dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan
tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap
sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut
saja yang akan diperbarui nilanya (di mana
program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan
data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga
menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
WK1 (1-2-3)
1.
WK4 (1-2-3)
2.
WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
3.
WKS (1-2-3)
4.
WK3 (1-2-3)
5.
WK1 FMT(1-2-3)
6.
WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
7.
WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese)
(.wj3)
8.
DBF 2 (dBASE II)
9.
WQ1 (Quattro Pro/DOS)
10.
WK3,FM3(1-2-3)
11.
Microsoft Excel Chart (.xlc)
12.
WK1, ALL(1-2-3)
13.
WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
14.
WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat
disimpan di Excel 2007 antara lain:
1.
Microsoft Excel 2.1
Worksheet
2.
Microsoft Excel 2.1 Macro
3.
Microsoft Excel 3.0
Worksheet
4.
Microsoft Excel 3.0 Macro
5.
Microsoft Excel 4.0
Worksheet
6.
Microsoft Excel 4.0 Macro
7.
Microsoft Excel 97 - Excel
2003 & 5.0/95 Workbook
8.
Microsoft Excel 4.0 Workbook
9.
DBF 3 (dBASE III)
10.
DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
·
*.xls, merupakan
format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis
format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·
*.xlt, merupakan
format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel
12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
·
*.XML, atau yang
disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macroVBA.
·
*.xla, merupakan
format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan
dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan
kemampuan Microsoft Excel.
·
*.xlsx, merupakan
format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML.
Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya
merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah
pengganti dari format .xls yang kuno.
·
*.xlsm, merupakan
format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi
dapat menyimpan macro VBA.
·
*.xlsb, merupakan
format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi
dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien,
mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menanganiworksheet yang
sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
·
*.xltm, merupakan
format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah
berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari
format*.xlt.
·
*.xlam, merupakan
format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12.
Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat
tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
2.2. Fungsi Microsoft Excel
1. Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau
penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus
– rumus yang sangat kompleks.
2. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita
dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan
pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar
informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja
kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan
perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk
tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel
bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi
penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel
akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap
kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi
siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
2.3. Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel
Excel 2007 hadir dengan tambahan berbagai fasilitas sehingga
lebih sempurna dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara
lain adalah desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih
banyak, format file baru, penulisan formula lebih mudah. Office Themes dan
Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan
grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih mudah digunakan dan
sebagainya. Perhatikan sebagian ilustrasi berikut ini:
1. Jumlah kolom
yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga
berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom. Serta baris
dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di
baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2. Pada Excel 2003,
jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17
miliar.
3. Memori yang
digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku
di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah warna unik
dalam sebuah workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya 56.
5. Jumlah kondisi
pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya dibatasi oleh
kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
6. Jumlah level
pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level, bandingan
dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
7. Jumlah daftar pada
menu drop-down dalam fasilitas Filter bisa mencapai 10.000, sebelumnya hanya
1.000.
8. Maksimal jumlah
karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya hanya
1.000 karakter.
9. Jumlah maksimal
argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen,
sebelumnya hanya 30 argumen.
10. Maksimal jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2
Milyar, sebelumnya hanya 64.000.
11. Jumlah baris yang diperbolehkan di dalam sebuah PivotTable, saat ini
mencapai 1 Juta baris lebih, sebelumnya hanya 64.000.
12. Jumlah kolom yang tersedia pada versi baru ini adalah 16.000 kolom,
sebelumnya hanya 255 kolom.
13. Jumlah field pada PivotTable dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
14. Excel 2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar
software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain
yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari
excel ke software statistik lainnya.
15. Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol
identitas responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet
atau antar file excel.
16. Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel
summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk
semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga
tabel akan terupdate sendiri. Ini sangat berguna, kecuali kita jago membuat
syntax dan saya yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.
Kelemahan tentu Ada dan ini menjadi perhatian extra untuk
menjaga kualitas pengolahan data. Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:
1. Pivot tabel yang
menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab atau
nested atau tersarang, banyak orang belum mampu membuat tabel dalam 1 pivot
yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk
masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan
jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan
menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika di samping
atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
2. Untuk tabel yang
besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap editing/updating data,
maka secara default excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang
kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini cukup memakan
waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan
proses calculating otomatis menjadi Calculating Manual artinya calculating akan
dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif
dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati
tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol office > Excel
Options > Formulas > Calculation Options, pilih Manual dan Recalculate
Workbook before saving
3. Untuk membuat
kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan,
atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus
matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini
karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau
pengkategorian jawaban baru.
2.4. Istilah-Istilah Excel 2007
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data
secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan
grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk
menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai
yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana
kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga
barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan
keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data
dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi
matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya
fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini :
Istilah-istilah dalam Excel
a) Cell : merupakan
bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255
karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3,
cell D5
b) Worksheet
(lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
c) Workbook (buku
kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet
256)
d) Range : merupakan
sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan.
Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell
sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
e) Alamat Relatif :
merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan
berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
f) Alamat Semi
Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau
kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
g) Alamat Absolut :
merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan
tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1
berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
h) Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang
aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah
kiri formula bar. Contoh : Holla nama lain range A5:G7
·
Menggerakkan Penunjuk Sel
(Cell Pointer)
Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang
dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu.
Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang
diinginkan. Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar
untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut.
Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard. Berikut daftar
tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard :
Tombol Fungsi :
o
← ↑ → ↓
Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
o
Tab Pindah
satu sel ke kanan
o
Enter
Pindah satu sel ke bawah
o
Shift +
Tab Pindah satu sel ke kiri
o
Shift +
Enter Pindah satu sel ke atas
o
Home
Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih
o
Ctrl +
Home Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
o
Ctrl + End
Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
o
PgUp
Pindah satu layar ke atas
o
PgDn
Pindah satu layar ke bawah
o
Alt + PgUp
Pindah satu layar ke kiri
o
Alt + PgDn
Pindah satu layar ke kanan
o
Ctrl +
PgUp Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar
berikutnya
o
Ctrl +
PgDn Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar
sebelumnya
·
Jenis Data pada Cell
1. Konstanta, terdiri dari 4
jenis type data yakni :
a) Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam
melakukan perhitungan yakni A-Z, a-z, dan 0-9
b) Numeric : angka yang dapat
digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9
c) Date : data tanggal
d) Time : data waktu
2. Formula
seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau
tanda tambah (+………).
2.5. Cara Menggunakan Microsoft Excel
A. Menu dan icon pada Microsoft
Excel
1. Judul
Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar
kerja yang aktif.
2. Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar
misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan
mempublish dokumen.
3. Akses Cepat Toolbar (Quick
Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan
berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5. Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat
tersebut. Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang
dimaksud.
6. Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point
dan tombol pengendali.
7. Cell, Cell Aktif Penggulung
vertikal
8. Lembar aktif
9. Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor Baris
13. Nomor Kolom
B. Membuat dokumen pengolah
angka
Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar
tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara
memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam
bidang keguruan
C. Penerapan Microsoft Excel
Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti
pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul
Laporan
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian
ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut. Kemudian
ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan
diatas.
2. Penggunaan alignment, format
font dan format Cell
Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah tabel
maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1. Kemudian
klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah tabel.
Agar huruf pada judul laporan dan
tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat
juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic. Selanjutnya
data dapat dilengkapi.
3. Penggunaan
format Tabel dan Cell
Microsoft Excel menyediakan fasilitas
format table dengan beberapa template seperti memberi border, warna border, warna
cell dan style font dengan kliktombol format table seperti ini , kemudia akan
muncul pilihan style formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat melakukan format
tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang
disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada Gambar 2. menggunakan format
tabel dan cell sendiri
Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di beri
border dalam hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada tombol
dan pilih All Border
Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan
fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol
kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita pilih seperti pada
tampilan dibawah ini.
4. Penggunaan Rumus dan Fungsi
Rumus dan fungsi dalam Excel
mempunyai pengertian yang berbeda, rumus berupa
instruksi matematika dalam suatu sel/range dalam lembar kerja dengan operator
aritmatik seperti : +,-, ,/,* dan ^. Sedangkan Fungsi merupakan rumus siap
pakai yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses perhitungan. Excel
menyediakan ratusan fungsi siap pakai diantaranya fungsi tanggal dan waktu,
matematika dan trigonometri, finansial, statistik, lookup dan referensi,
database, teks, dan lain-lain.
1. Menggunakan Rumus
(Formula)
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program
Microsoft Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu
berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering
digunakan dalam rumus adalah ;
Lambang Fungsi:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan
derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi
(/), tambah (+) atau kurang
(-).
(-).
2. Macam-macam formula
1. =SUM(…)
Fungsinya : Untuk
melakukan penjumlahan
Bentuk umum : =SUM(range sel)
Contoh : Misalkan
kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan : =SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya : Untuk
melakukan counter
Bentuk umum : =COUNT(range sel)
Contoh : Misalkan
kita akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan : =COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya : Untuk
mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh : Misalkan
kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan sel yang berada di sel F1
sampai sel F17
Penulisan : =MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya : Untuk
mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Contoh : Misalkan
kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di sel F1
sampai sel F17
Penulisan : =MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk
mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh : Misalkan
kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan : =AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya : Untuk
mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan
mutlak (absolut)
Bentuk umum : =ABS(range sel)
Contoh : Misalkan
kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal
di sel F17
Penulisan : =ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya : Untuk
menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh negatif
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan : =
SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya : Untuk
mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah
(memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test
; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh : Misalkan
kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang
kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb. Jika nilai
rata-rata siswa lebih besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan
LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”) (artinya
jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari
60, maka GAGAL)
Keterangan
:
Jika kondisi di sel F17
terpenuhi, maak kerjakanValue_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak
terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
9. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya : Untuk
menghitung jumlah hari
Contoh : =DATE(73,8,11) à 26887
hari
10. =VLOOKUP
Fungsinya : Untuk
pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum :
=VLOOKUP(lookup_value;
table_array; Col_index_num; Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya : Untuk
pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum :
=HLOOKUP(lookup_value;
table_array; Col_index_num; Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya : Untuk
mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk umum :
=LEFT(teks;jumlah karakter yang
diambil)
Contoh : Misal
kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3
huruf
Penulisan : =LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya : Untuk
mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk umum :
=RIGHT(teks;jumlah karakter yang
diambil)
Contoh : Misal
kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3
huruf
Penulisan : =RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
14. =MID(…;…;…)
Fungsinya : Untuk
mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum :
=MID(teks;start_number; number_char)
Contoh : Misal
kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17 (Februari)
Penulisan : =MID(F17:3:3)
5. Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik Save . Maka akan terjadi
salah satu dari 2 hal berikut :
·
Apabila file belum pernah
disimpan, Word akan menampilkan kotak dialog Save As seperti dibawah. Dan
apabila sebelumnya file pernah disimpan dengan nama yang sama, maka Word akan
menyimpan file dan mengembalikan tampilan ke layar dokumen. Untuk memberi
nama pada file ketikkan nama yang diinginkan dalam kotak File
name, lalu tekan tombol Save.
·
Apabila kita ingin menyimpan
file yang pernah disimpan dengan nama dan format penyimpanan lain maka pilih
Office Button kemudian klik tanda panah pada Save as dan pilih format
penyimpanan lain misalnya disimpan dengan format Microsoft Excel 97-2003.
BAB
III
P E N U T U P
P E N U T U P
3.1 Kesimpulan
Microsoft
Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur
kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing
Microsoft yang agresif. Selain meng-calculation dengan menggunakan penggunaan
Rumus dan Fungsi, Microsoft Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila
di-print akan menghasilkan hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007.
Kita juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa
membuat sebuah grafik data otomatis.
3.2 Saran
Tentu saja, Makalah Microsoft Excel 2007 ini masih jauh dari kesempurnaan.
Karena itu , kami menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang
disajikan dalam makalah ini. Kami menyediakan beberapa e-mail sebagai media
interaksi dengan pembaca. Kami harap, segala saran dan masukan akan menjadi
pengayaan untuk membuat makalah selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar asalkan dengan bahasa yang sopan..ok??